Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Fakta Tentang Orang Korea



Buat pecinta film Korea pasti kalian banyak belajar dong dari nonton film-film Korea? Mulai dari bahasanya sampe kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lihat di film-film Korea. Yuuk kita intip apa aja isinya…
 
1. Mereka suka menjilat telunjuk mereka  trus di tempel di ujung hidung. Hmm, maksudnya??
Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung. hhe aneh ya?
2. Kalau habis megang sesuatu yang panas langsung megang kuping.
Saya sadar pas pertama kali nonton Sassy Girl Chun Hyang. Si Chunhyang masak apa gitu trus ngangkat pancinya, eh ternyata panas dan dia langsung lepasin tuh panci. Abis itu dia langsung megang kupingnya. Beberapa orang bilangnya sih karena kuping kita suhunya netral jadi kalo ketemu yang panas langsung pegang kuping supaya suhunya netral lagi. Kalau nggak percaya kalian bisa buktiin sendiri, hhe.
3. Kalau makan langsung di panci
Buat kita orang Indonesia mungkin ini agak aneh (banget malah). Yang saya liat sih hampir di semua film atau TV seri Korea pasti ada adegan makan di mana mereka langsung makan dari panci, terutama mie. Nggak cuma di rumah-rumah aja, tapi restoran juga nyediain panci. Kayaknya itu emang salah satu tata cara makan disana deh. Tapi ngeliat mereka makan trus nadahin pake tutupnya, keliatan seru dehh. Kocak aja. Cuma jangan dipraktekin dirumah kalo lagi ada ibu, bisa-bisa habis diomelin karena ga sopan.
4. Suka mabok
Mungkin dari sekian banyak kebiasaan orang sana, saya paling nggak suka
yang ini. Orang Korea demen banget minum. Dikit-dikit minum. Masak putus cinta aja ampe minum berbotol-botol trus ilang kesadaran. Yahh, mungkin maksudnya buat ngilangin stres kali yaa. Kalo kata saya sih mereka minum (bukan buat yang hobby mabok yaa) karena suhu di sana dingin. Tahu kan Korea punya 4 musim. Jangan percaya deh kalo mereka bilangnya musim panas coz panasnya disana menurut kita yang kelamaan tinggal di Indonesia masih dingin. Hihihi, ga kebayang kalo disana jadi kayak apa.


5. Sebelum jadian pasti berantem dulu
Yang ini menurut saya paling lucu. Hampir semua film Korea yang saya tonton menampilkan adegan seperti ini. Misalnya Full House dan Sassy Girl Chun Hyang termasuk juga Boys Over Flower. Hubungan mereka (Lee Yong jae & Han Ji Eun + Lee Mong Ryong & Soon Chun Hyang + Gu Jun Pyo & Han Jan Di) pasti diawali dengan ketidakharmonisan. Sering banget berantem-berantem ga jelas, tapi sebenernya mereka sayang. Menurut saya “feel”-nya justru dapet disitu. Nggak selalu kan hubungan harus harmonis, kadang-kadang berantem juga. Tapi pasti itu yang bikin ngangenin kalo pisah. Wew..
6. Suka lebay matiin HP
Perhatiin deh, kalo si pemain nggak mau ngangkat telpon dari seseorang pasti lebay banget caranya, sampe nyabut batre henpon segala. Awalnya saya mikir begitu tapi setelah tahu yahh mo diapain lagi, ternyata hape orang Korea emang begitu, nggak bisa di reject. Walopun tombol reject udah dimatiin tetep aja bunyi, beda ama Indonesia yang langsung berenti bunyi. makanya mereka ampe nyabut batre henpon. Untungnnya batre mereka langsung menclok di casing-nya jadi ga repot nyabut batre-nya. Hihihi
7. Jorok
Ini relatif yaa. Misalnya kalo abis make baju pasti nggak langsung dicuci tapi digantung lagi trus besoknya dipake lagi. Tapi buat saya sih nggak masalah coz disana kan udaranya nggak seberapa panas jadi nggak banyak ngeluarin keeringet, so kalo dipake lagi juga ga masalah (hehe). Selain itu kalo mereka makan suka seenaknya aja. Sendok yang abis masuk mulut dipake buat nyendok di mangkuk sup atao yang lainnya. Kalo buat orang Indonesia itu nggak sopan kan, tapi disana udah lazim deh kayaknya.
8. Cewek Korea sedikit kasar
Di beberapa film akan kalian temui cewek nge-getok pala cowoknya. Enak banget lagi mukulnya. Kalo lagi marah-marah pasti gitu atau nendang pantat si cowok. Untung saya cewek jadi bisa mukul cowok seenaknya, hehehe. Trus kalo mereka berantem pasti sambil melotot trus monyongin bibirnya.
9. Bikin “Love Sign”
Perhatiin deh, nggak cuma di film-film tapi kayaknya di kehidupan sehari-hari juga ada. Beberapa film, pemainnya suka banget bikin tanda hati diatas kepala pake dua tangan trus bilang “Saranghee”.
10. Menyuguhkan Minuman Beralkohol
Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya. Bila menghadapinya sebaiknya sih kita menerima dulu minuman tersebut (biar dianggap menghormati) baru kemudian diletakkan lagi dan kemudian minta minuman ringan lainnya.
11. Orang Korea bertemperan tinggi dan Kasar
Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yg menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa.
12. Makanannya banyak mengandung babi
Makanan yang disantap orang Korea umumnya banyak mengandung Babi (makanya hati2 ya saat di restoran Korea, sebaiknya pilih Kimchi, seafood atau bulgogi daging sapi saja. Karena ada banyak variasi bulgogi termasuk yang bahannya dari babi). Jenis makanan yang  bahannya dari babi, seperti:
  • Galbi (갈비): daging iga babi atau sapi yang dipanggang dengan arang dan dibumbui. Potongannya lebih tipis dari bulgogi dan disebut sebagai barbeque Korea. Variasi: dari ayam disebut dakgalbi, jokbal atau kaki babi yang disajikan dengan saus kerang asin.
  • Samgyeopsal (삼겹살): daging perut babi yang dipanggang tanpa/dengan bumbu seperti cara memanggang galbi
  • Makchang (막창): jeroan babi panggang yang disajikan seperti samgyeopsal dan galbi. Makanan jenis ini khas Daegu dan propinsi Gyeongsang.
  • Gobchang (곱창): sama dengan makchang, namun dengan jeroan babi atau sapi muda.
13. Banyak bersalam-salaman
Orang-orang Korea biasa memberikan salam saat perkenalan, sebelum makan, sesudah makan, ketika berpamitan, ketika tidur, dll, dengan cara menganggukkan kepala dan sedikit membungkukkan badan. Kepala di tundukkan sekitar 30-60 derajat selama 2-3 detik. Ini di lakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau di tuakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala, berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat. Ungkapan maaf juga biasanya di sertai dengan gerakan menundukkan kepala.
14. Kebiasaan gendong orang mabuk
Berhubungan dengan kebiasaan orang Korea yang suka mabok. Di film banyak tuh adegan pas temennya mabok terus digendong, habis disana ga ada bajaj sih.. jadi ya di gendong, naik taxi kan mahal.. banyakan sih mereka naik bus, tapi bus kan ga berhenti pas di depan rumah.. ya harus jalan, jadi orang maboknya di gendong.. kalo cari taxi juga kan ga bisa nyetop sembarangan kayak di Indonesia begini…
15. Operasi Plastik
Di korea 75% Warganya telah melakukan operasi plastik. Dan tempat yang paling booming adalah Gangnam, sebuah kota satelit Seoul yang mewah. Ada 346 klinik bedah plastik yang telah dibuka di korea dalam beberapa tahun terakhir, dan 90 persen berada di Gangnam , yang dikenal sebagai “Surganya Operasi Plastik“. Operasi paling banyak pada wanita Asia adalah operasi kelopak mata dengan biaya yang bervariasi dari 1.000 dolar sampai 1.700 dolar AS,  harga Rhinoplasty dari 2.800 dolar sampai 5.000 dolar AS; biaya operasi dagu dari 4.500 dolar sampai 6.500 dolar AS. Berminat?
16. Cepet Stres
Warga Korea selatan dinobatkan sebagai warga paling stress di Dunia karena 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…
17. Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan 2 tangan
18. Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib
19. Jarang mandi kalo lagi musim dingin
20. Suka makan BAWANG PUTIH
Dipercaya dapat menetralkan darah..biar engga darah tinggi gitu. Kebiasaan makan yang panas2 (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur).
21. Kebanyakan cowok korea tuh lebih perasa , romantis ,penyabar dan rapuh hatinya daripada ceweknya.
22. Kebiasaan gosok gigi
Saya sering liat film korea, begitu bangun pagi pasti yang mereka lakukan langsung gosok gigi. Bukannya membantu ibu membereskan tempat tidurku… hehehe
23. Kebiasaan makan mi bunyi “slurps”
24. Bersendawa ternyata lazim bagi warga korea

Sebab sendawa dapat di maknai pula sebagai bentuk apresiasi terhadap juru masak. Aisssh… kalo saya ada yang sendawa malah enek.
25. Kebiasaan punya meja panjang
26. Kebiasaan ngomong “aigo”

Mirip dengan orang chinese kalo ngomong “aiyo atau aiya”… mirip kita ngomong dengan akhiran “deh, kan, atau sih”.
27. Doyan banget Jjimjilbang. Apaan tuh?
 
Jjimjilbang atau 찜질방 adalah tempat pemandian umum di Korea. Pemandian ini sangat-sangat besar. Biasanya tempat cowok dan cewek dipisahkan. Di Jjimjilbang biasanya juga ada Sauna, tempat tidur, Warnet (atau biasa di sebut PC bang), tempat karaoke, kantin, ondol (tempat duduk-duduk) dan lain-lain.  Mereka terlihat begitu awet muda dan wajahnya cling-cling. nga cowok, nga cewek semuanya pada demen pergi ke jjimjilbang. Hohoho… ~kalo di indonesia mah, kagak perlu jjimjilbang-jjimjilbangan udah bisa. bahkan, klo di indo bisa dapet paket super hemat : keringetan + kepanasan + kulit gosong. dan efeknya membuat orang indo kleper-kleper kaya cacing kepanasan.
 
cr:lautanindonesia, letsdoitsomemore, sweetzlovetvxq, Kompas, marcheijourney

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saranmu Ku tunggu ya ... :)